Kontak

(0531) 21833

Waka Humas MTsN 1 Kotawaringin Timur

(layanan di jam kerja)

 

 

 

 

Kalender

Calendar Widget by CalendarLabs

MTsN 1 Kotawaringin Timur
Temukan Informasi dan Berita Menarik Seputar Madrasah di Website Resmi MTsN 1 Kotawaringin Timur ابحث عن معلومات وأخبار مثيرة للاهتمام على الموقع الرسمي لـ MTsN 1 Kotawaringin Timur. Kepala Madrasah M.Rusidi, S.Ag.,M.Pd.I _ Waka Humas Sarminah, S.Ag_Waka Kurikulum Hj. Nurhasanah, S.Pd_Waka Kesiswaan Imam Rohani, S.Ag,.M.Pd.I_ Waka Sarana Prasarana Ismed Noor, S.Pd

Madrasah Dalam Galeri
Raihan Penghargaan Sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri di Terima Oleh Ketua Adiwiyata Ibu Kristini, S.Pd di Jakarta kamis (1/12/22)
Kunjungan Kepala Kantor Kemenag Kotim Drs. Chairil Anwar sekaligus membuka Kegiatan PAT semester Ganjil TP 2022/2023

Tingkatkan Literasi melalui Lomba Pojok Baca Antar Kelas, MTsN 1 Kotawaringin Timur Undang Dinas Pusda Sebagai Juri

Salah satu penampilan Grup Qasidah MTsN 1 Kotawaringin Timur mengisi acara Maulid Nabi Muhammad 1444 H
Raihan Juara di MTQ Ke-52 Tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang 
Syarhil Qur'an Putra Juara 2
Rebana Juara 2
Hadrah Juara 2
Grup Hadrah MTsN 1 Kotawaringin Timur
Grup Rebana MTsN 1 Kotawaringin Timur bersama Pelatih Ibu Erliana, S.Pd
Raihan Prestasi Siswa-siswi madrasah di MTQ ke 54 Tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang
1. Bintang vokalis gambus anak putra juara 2 Muhammad Faeza  Alfarezy
2. Bintang  Vokalis gambus anak putri juara 1 Annida Nur Azizah
    juara 2 Maulida naim
3. Bintang  Vokalis gambus remaja putri
     juara 2 Nuraini Azizah
     Juara harapan 1 Alisya febriani

4. Hadrah juara 2
5.  rebana juara 2
6. Sahril Quran putri juara 2
7. fahmil Quran putra juara harapan 1
8. Tahfidz 5 juz juara 1 Muhammad Zainal Ilmi
9. tilawah anak putri juara 3 Nur Putri Rahayu
Sampit-Humas. Senin (6/3/23)Wujud Perhatian dan Partisipasi MTsN 1 Kotawaringin Timur kepada korban musibah kebakaran yang menimpa 5 rumah di Kelurahan Baamang hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim). Senin 27/2/2023. Penyerahan dana bantuan yang di wakili oleh Waka Kesiswaan M. Arbani, S.Pd kepada bapak Baharudin ketua RW yang juga menjadi korban musibah kebakaran bersama pembina dan anggota OSIM.
MTsN 1 Kotawaringin Timur Siap Sukseskan Kemah Besar Pramuka ( KBP ) 2023
Kamis (9/3/23)  Tim dari madrasah berangkat menuju Bumi Perkemahan di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit untuk mengikuti KBP
Gerakan Pramuka 47-48 Ibnu Rusyd Pangkalan MTsN 1 Kotawaringin Timur mengucapkan terimkasih atas do'a dan dukungannya sehingga bisa memperoleh prestasi (Alhamdulilah) yaitu:
Juara 1 Tenda Pa&Pi (K3)
Juara 1 Istana Pasir
Juara 2 Senam Pramuka
Terutama pihak madrasah yang selalu sport dalam hal yang diperlukan dan disiapkan.
Salam Pramuka⚜️
 
 
 
 
Penyerahan Piala KBP 2023 dan Gema Ramadhan 2023 Kepada Kepala MTsN 1 Kotawaringin Timur
Jum'at 28 April 2023
 
 
 
 
 
Osim MTsN 1 Kotawaringin Timur Peringati Harbuknas 17 Mei 2023
 
 
 
 
 
Workshop IKM Dewan Guru MTsN 1 Kotawaringin Timur
Siswa-siswi Berprestasi di Ajang Porprov Kalteng 2023
Tim PBLHS MTsN 1 Kotawaringin Timur Sambut Kunjungan KKKS Sekolah Eka Tjipta PSM 6A Study Banding Program Sekolah Adiwiyata
Sampit-Humas. Rabu (27/9/23)  Sebagai madrasah yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata  Mandiri, MTsN 1 Kotawaringin Timur  menerima kunjungan Tim Studi Bading  dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Sekolah Eka Tjipta PSM 6A, yang terdiri dari 17 Kepala Sekolah pada Selasa (26/9/23) didampingi oleh Ibu Fatma dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur.   Penerimaan kunjungan dilakukan di halaman depan madrasah dengan ceremony penyambutan oleh tim hadrah, atraksi dari satgas adiwiyata  dan juga tampilan tarian tradisional dayak pedalaman dari siswi madrasah. Adapun tujuan dari kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka untuk belajar mengenal dan memahami Sekolah Adiwiyata di MTsN 1 Kotawaringin Timur. Acara penyambutan dipandu oleh Kristini selaku ketua tim Adiwiyata.
Penyerahan Bantuan Logistik MTsN 1 Kotawaringin Timur Pada Korban Kebakaran di Kecamatan Kota Besi
Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan di MTsN 1 Kotawaringin Timur, Siswa Kelas VII Dikenalkan Dengan Perpustakaan Digital
Agenda Pembinaan ASN di Lingkungan MTsN 1 Kotawaringin Timur
PMR MTsN 1 Kotawaringin Timur Raih Juara 1 Lomba Pertolongan Pertama
Gladi Bersih Pelaksanaan ANBK di MTsN 1 Kotawaringin Timur Senin, 11 September 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pengukuran Kebugaran Jasmani Bapak dan Ibu Guru MTsN 1 Kotawaringin Timur Pada Sabtu (15/10/23) Bersama Puskesmas Ketapang II
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Palangkaraya-Humas. MTsN 1 Kotawaringin Timur diwakili oleh Sarminah, S.Ag menerima Piala dan Piagam Penghargaan sebagai Madrasah Sehat. Moment penyerahan ini bertepatan dengan Apel HAB Kemenag RI ke – 78 di Institut Agama Hindu Negeri jalan G.Obos XI Palangkaraya, Rabu (3/1/24).

   “Ini bukan akhir dari perjuangan kita sebagai madrasah sehat, namun awal untuk membenahi berbagai komponen pendukung. Banyak hal yang harus kita tambah dan perbaiki, terutama pembenahan pada kantin, UKS, toilet madrasah dan aspek lingkungan lainnya.” ungkap Sarminah, S.Ag selaku ketua tim Madrasah Sehat.  Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas ini juga mengucapakan terimakasih kepada  semua pihak yang telah  mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan lingkungan yang nyaman, indah, asri, dan sehat.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

ampit-Humas. MTsN 1 Kotawaringin Timur melaksanaan tes untuk mengetahui arah bakat dan minat siswa dibidang pendidikan dan pekerjaan. Tes ini laksanakan untuk siswa kelas IX. Adapun pelaksanaannya selama 5 hari dimulai Senin, 19/2/24. Setiap harinya ada 60 siswa kelas IX yang mengikuti asesmen di ruang laboratorium komputer madrasah hingga Kamis, 23/2/24 mendatang.

    Kepala madrasah M. Rusidi, S.Ag., M.Pd.I membuka sekaligus memberikan sambutan di kegiatan ini. ” Asesmen ini kembangkan untuk mengukur potensi kalian semua. Untuk mengetahui kecerdasan verbal, numerik, mengukur pengetahuan secara umum, logika, konsep mekanika, serta kecepatan dan ingatan kalian. Penting bagi siswa dan siswa semua mengikuti tes ini, sebagai gambran mengenai minat dan bakat kalian dimasa depan. Menjadi acuan penentu jurusan yang akan kalian ambil setelah lulus dari madrasah”. Pesannya. ” Harapannya agar kalian sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan, karena hasilnya  bisa menggambarkan bidang keahlian yang tepat untuk kalian sehingga memunculkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran”.

Pemilihan Ketua OSIM di MTsN 1 Kotawaringin Timur Kamis (22/2/24)
Bapak dan Ibu Guru Madrasah
Temukan Informasi dan Berita Menarik di Website Resmi MTsN 1 Kotawaringin Timur ابحث عن معلومات وأخبار مثيرة للاهتمام على الموقع الرسمي لـ MTsN 1 Kotawaringin Timur. Kepala Madrasah M.Rusidi, S.Ag.,M.Pd.I _ Waka Humas Sarminah, S.Ag_Waka Kurikulum Hj. Nurhasanah, S.Pd_Waka Kesiswaan Imam Rohani, S.Ag,.M.Pd.I_ Waka Sarana Prasarana Ismed Noor, S.Pd

Nama “mangga” berasal dari bahasa Tamil, mankay, yang berarti man “pohon mangga” + kay “buah”.Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Spanyol dan Inggris) dan lainnya.

Mangga berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pêlêm atau poh (Jw.), Poh (Bl.), dan Paok (Sas.)

Pohon mangga berperawakan besar, dapat mencapai tinggi hingga 30 m atau lebih, meski kebanyakan mangga pekarangan hanya sekitar 15 m atau kurang. Batang tegak, bercabang kuat; dengan daun-daun lebat membentuk tajuk yang indah berbentuk kubah, oval atau memanjang, dengan diameter sampai 10 m. Kulit batangnya tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna pepagan (kulit batang) yang sudah tua biasanya cokelat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam. Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang hingga bisa mencapai 6 m. Akar cabang makin ke bawah makin sedikit, paling banyak akar cabang pada kedalaman lebih kurang 30–60 cm.

Dilansir dari Panganku, buah mangga segar memiliki kandungan gizi:

  • Air: 86,6 g
  • Energi: 52 kalori
  • Protein: 0,7 g
  • Karbohidrat: 12,3 g
  • Serat: 1,6 g
  • Kalsium: 20 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Zat besi: 1,0 mg
  • Natrium: 3 mg
  • Kalium: 140,0 mg
  • Tembaga: 0,33 mg
  • Beta-Karoten: 316 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,03 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,01 mg
  • Niasin: 0,3 mg
  • Vitamin C: 12 mg

Jenis Buah Mangga di Indonesia

Yuk, simak apa saja jenis-jenis mangga yang tumbuh di Indonesia!

1. Mangga Harum Manis

Mangga Harum Manis (twitter.com/kokimart_id)

Foto: Mangga Harum Manis (twitter.com/kokimart_id)

Jenis yang satu ini pasti tak asing bagi Moms. Jenis ini mempunyai rasa yang manis dengan aroma yang harum, sesuai dengan namanya.

 

Tidak heran jenis harum manis adalah salah satu yang paling banyak diincar masyarakat.

Mangga jenis ini juga memiliki bentuk yang lonjong dan ujungnya runcing. Dagingnya pun empuk dan sangat lembut ketika disantap.

Di beberapa daerah di Indonesia, jenis harum manis sering disebut juga dengan mangga gadung.

2. Mangga Apel

Mangga Apel (faunadanflora.com)

Foto: Mangga Apel (faunadanflora.com)

Seperti namanya, bentuk buah mangga ini memiliki kemiripan seperti buah apel.

Aromanya yang wangi dan memiliki rasa masam membuat buah ini juga digemari.

Biasanya, jenis satu ini paling nikmat jika dibuat rujak karena rasa masamnya menyegarkan.

 

Namun, kini di Indonesia sudah banyak petani yang membudidayakan jenis ini dengan cita rasa manis.

3. Mangga Indramayu

Mangga Indramayu (Orami Photo Stocks)

Foto: Mangga Indramayu (Orami Photo Stocks)

Jenis yang satu ini mempunyai daging buah yang cukup tebal dan rasa yang manis.

Tidak seperti jenis lain, mangga Indramayu teksturnya kering dan sering dijuluki juga dengan mangga pelem cengkir.

Ciri lain yang membedakan jenis buah satu ini dengan yang lainnya ialah aromanya cukup menyengat, daging buah manis, sedikit berair, dan berserat.

4. Mangga Manalagi

Mangga Manalagi (Orami Photo Stocks)

Foto: Mangga Manalagi (Orami Photo Stocks)

Bentuk mangga satu ini memanjang dengan ukuran yang lebih kecil.

Rasanya manis seperti mangga harum manis, tetapi punya tekstur seperti mangga golek yaitu padat dan berserat.

5. Mangga Golek

Mangga Golek (Orami Photo Stocks)

Foto: Mangga Golek (Orami Photo Stocks)
 

Mangga golek ini asalnya dari Probolinggo dan Pasuruan, Jawa Timur.

Dalam bahasa Jawa, kata golek artinya mencari. Dalam artian, setelah seseorang mencicipinya, maka mereka akan mencarinya lagi.

Bentuknya sedikit memanjang dan terdapat bintik-bintik putih kehijauan dan akan berubah menjadi cokelat setelah menua.

Tekstur dagingnya tebal, empuk, dan berwarna jingga cerah.

6. Mangga Kweni

Mangga Kweni (Orami Photo Stocks)

Foto: Mangga Kweni (Orami Photo Stocks)

Sering disebut juga mangga kuini, mangga jenis ini memiliki aromanya yang sangat khas dan berbeda dari jenis lainnya. Bentuk buahnya juga lonjong dengan ujung yang membulat.

Daging buah jenis kweni cenderung berwarna kuning dengan tekstur berserat, banyak mengandung air, serta rasanya manis segar.

Buah ini sangat cocok dijadikan campuran untuk rujak serut atau sambal nih, Moms.

7. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu (Orami Photo Stocks)

Foto: Mangga Gedong Gincu (Orami Photo Stocks)

Jenis buah ini dibudidayakan di Cirebon dan Indramayu. Mangga gedong gincu punya warna paling cantik dari jenis lainnya.

Kenapa disebut gincu, karena warnanya paling cerah kemerahan, begitu juga dengan daging buahnya.

Ciri lain yang paling mencolok dari buah ini selain warnanya adalah bentuknya yang bulat. Tentu saja, daging buahnya manis, tebal, dan kenyal.

Buah ini sangat nikmat disantap karena memberikan kesegaran dan manis alaminya yang membuat Moms tak cukup jika hanya menyantapnya satu buah.

 
 
 

8. Mangga Alpukat

Mangga Alpukat (Orami Photo Stocks)

Foto: Mangga Alpukat (Orami Photo Stocks)

Disebut mangga alpukat karena bentuknya terlihat seperti buah alpukat.

Ciri lainnya adalah bijinya gampang dibuang dengan cara mengiris dagingnya secara melingkar, sama seperti saat Moms menikmati alpukat.

Daging buahnya pun akan mudah disantap dengan cara dikerok menggunakan sendok. Hal ini karena daging buahnya memiliki tekstur yang sangat lembut.

Untuk diketahui, jenis ini berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur dan merupakan hasil perkawinan silang antara buah mangga gadung dengan mangga madu.

 

9. Mangga Madu

Mangga Madu

Foto: Mangga Madu (warungsayursegar)

Membayangkan dari namanya saja pasti sudah membuat Moms ingin menyantapnya, bukan?

Ya, sama dengan namanya, buah mangga ini memiliki rasa manis bak madu.

 

Bentuk buahnya bulat, dengan daging buah berwarna kuning tua mirip madu.

Daging buahnya cukup harum, sedikit berserat, dan tak banyak mengandung air.

10. Mangga Lalijiwo

Mangga Lalijiwo

Foto: Mangga Lalijiwo (alamendah.org)
 

Mangga Lalijiwo merupakan jenis yang berasal dari Probolinggo. Bentuk buahnya cenderung membulat.

Ketika mentah, buah ini memiliki aroma yang cukup harum.

Apalagi jika sudah matang, aromanya semakin semerbak sehingga menggoda siapa pun untuk menyantapnya.

Oleh sebab itu, dinamakan lalijiwo dari bahasa Jawa yang artinya lupa jiwa. Daging buahnya berwarna kuning tua dan rasanya manis.

 

 

11. Mangga Garifta

Mangga Garifta

Foto: Mangga Garifta (higaragro)

Buah mangga ini merupakan salah satu produk unggulan para petani lokal yang berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur.

Warna kulit buahnya merah dengan gradasi kuning dan hijau ini adalah hasil dari perkawinan silang dari mangga-mangga lokal yang berkualitas.

Tak heran jika rasanya sangat manis dan menyegarkan di mulut.

Bentuk buahnya sedikit lonjong dengan daging buah berwarna kuning sedikit kemerahan.

Tekstur daging buahnya lunak, mudah disantap, agak berserat, dan cenderung harum.

 

12. Mangga Endog

Mangga Endog

Foto: Mangga Endog (pinterest)
 

Nama endog berasal dari bahasa Jawa yang artinya telur.

Disebut sebagai mangga endog karena memang jenis buah yang satu ini mirip dengan telur.

Bentuk buahnya cenderung bulat sedikit berparuh dan tak memiliki lekukan.

Permukaan buahnya juga halus seperti dilapisi oleh lilin, serta terdapat juga bintik-bintik kelenjar putih kehijauan.

Jika sudah tua dan matang, buah ini akan berubah menjadi warna kuning pada bagian pangkalnya.

Sementara daging buahnya bertekstur sedikit kasar, mengandung sedikit air, dan tidak terlalu harum, tetapi rasanya enak serta manis.

13. Mangga Irwin

Mangga Irwin (tropicalfruitnursery.com)

Foto: Mangga Irwin (tropicalfruitnursery.com)

Mangga Irwin merupakan jenis yang berasal dari Australia dan hasil persilangan dari buah mangga lokal di negara tersebut.

Buah ini memiliki warna merah keunguan dengan rasa sedikit asam, dan didominasi rasa manis, serta memiliki harga yang relatif mahal.

14. Mangga Kiojay

Mangga Kiojay (saungbibit.com)

 
Foto: Mangga Kiojay (saungbibit.com)

Mangga Kiojay dapat dikatakan sebagai salah satu jenis yang terbesar di dunia.

Jenis buah yang berasal dari Thailand ini dapat mencapai berat hingga 2 kg lho, Moms!

Hampir mirip dengan kebanyakan jenis lainnya, aromanya cukup harum dan rasanya manis, sehingga kebanyakan orang menyamakan jenis satu ini dengan mangga harum manis.

 

15. Mangga Miyazaki

Mangga Miyazaki (tanaman.co.id)

Foto: Mangga Miyazaki (tanaman.co.id)

Bisa dikatakan bahwa mangga Miyazaki merupakan jenis yang termahal di dunia.

Bagaiamana tidak, pembudidayaan jenis satu ini membutuhkan ketelitian dan teknik yang cukup rumit.

Buah yang mencapai harga 63 juta di Jepang ini memiliki rasa yang sangat manis, tanpa serat, harum, dan diklaim sebagai jenis yang terenak di dunia.

 

16. Mangga Chokanan

Mangga Chokanan (rumahtanaman.com)

Foto: Mangga Chokanan (rumahtanaman.com)

Berasal dari Thailand, mangga chokanan memiliki karakteristik dengan kulit buah yang berwarna kuning dan terasa manis.

Saat buahnya masih muda, rasa dagingnya juga tetap terasa manis.

17. Mangga Mahatir

Mangga Mahatir (kampustani.com)

Foto: Mangga Mahatir (kampustani.com)

Mangga mahatir berukuran lebih besar dan berasal dari Malaysia.

Beratnya bisa mencapai hingga 3 kg dengan tekstur daging yang tebal dan biji yang kecil.

 

Jam

Pengunjung