Kontak

(0531) 21833

Waka Humas MTsN 1 Kotawaringin Timur

(layanan di jam kerja)

 

 

 

 

Kalender

Calendar Widget by CalendarLabs

MTsN 1 Kotawaringin Timur
Temukan Informasi dan Berita Menarik Seputar Madrasah di Website Resmi MTsN 1 Kotawaringin Timur ابحث عن معلومات وأخبار مثيرة للاهتمام على الموقع الرسمي لـ MTsN 1 Kotawaringin Timur. Kepala Madrasah M.Rusidi, S.Ag.,M.Pd.I _ Waka Humas Sarminah, S.Ag_Waka Kurikulum Hj. Nurhasanah, S.Pd_Waka Kesiswaan Imam Rohani, S.Ag,.M.Pd.I_ Waka Sarana Prasarana Ismed Noor, S.Pd

Madrasah Dalam Galeri
Raihan Penghargaan Sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri di Terima Oleh Ketua Adiwiyata Ibu Kristini, S.Pd di Jakarta kamis (1/12/22)
Kunjungan Kepala Kantor Kemenag Kotim Drs. Chairil Anwar sekaligus membuka Kegiatan PAT semester Ganjil TP 2022/2023

Tingkatkan Literasi melalui Lomba Pojok Baca Antar Kelas, MTsN 1 Kotawaringin Timur Undang Dinas Pusda Sebagai Juri

Salah satu penampilan Grup Qasidah MTsN 1 Kotawaringin Timur mengisi acara Maulid Nabi Muhammad 1444 H
Raihan Juara di MTQ Ke-52 Tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang 
Syarhil Qur'an Putra Juara 2
Rebana Juara 2
Hadrah Juara 2
Grup Hadrah MTsN 1 Kotawaringin Timur
Grup Rebana MTsN 1 Kotawaringin Timur bersama Pelatih Ibu Erliana, S.Pd
Raihan Prestasi Siswa-siswi madrasah di MTQ ke 54 Tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang
1. Bintang vokalis gambus anak putra juara 2 Muhammad Faeza  Alfarezy
2. Bintang  Vokalis gambus anak putri juara 1 Annida Nur Azizah
    juara 2 Maulida naim
3. Bintang  Vokalis gambus remaja putri
     juara 2 Nuraini Azizah
     Juara harapan 1 Alisya febriani

4. Hadrah juara 2
5.  rebana juara 2
6. Sahril Quran putri juara 2
7. fahmil Quran putra juara harapan 1
8. Tahfidz 5 juz juara 1 Muhammad Zainal Ilmi
9. tilawah anak putri juara 3 Nur Putri Rahayu
Sampit-Humas. Senin (6/3/23)Wujud Perhatian dan Partisipasi MTsN 1 Kotawaringin Timur kepada korban musibah kebakaran yang menimpa 5 rumah di Kelurahan Baamang hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim). Senin 27/2/2023. Penyerahan dana bantuan yang di wakili oleh Waka Kesiswaan M. Arbani, S.Pd kepada bapak Baharudin ketua RW yang juga menjadi korban musibah kebakaran bersama pembina dan anggota OSIM.
MTsN 1 Kotawaringin Timur Siap Sukseskan Kemah Besar Pramuka ( KBP ) 2023
Kamis (9/3/23)  Tim dari madrasah berangkat menuju Bumi Perkemahan di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit untuk mengikuti KBP
Gerakan Pramuka 47-48 Ibnu Rusyd Pangkalan MTsN 1 Kotawaringin Timur mengucapkan terimkasih atas do'a dan dukungannya sehingga bisa memperoleh prestasi (Alhamdulilah) yaitu:
Juara 1 Tenda Pa&Pi (K3)
Juara 1 Istana Pasir
Juara 2 Senam Pramuka
Terutama pihak madrasah yang selalu sport dalam hal yang diperlukan dan disiapkan.
Salam Pramuka⚜️
 
 
 
 
Penyerahan Piala KBP 2023 dan Gema Ramadhan 2023 Kepada Kepala MTsN 1 Kotawaringin Timur
Jum'at 28 April 2023
 
 
 
 
 
Osim MTsN 1 Kotawaringin Timur Peringati Harbuknas 17 Mei 2023
 
 
 
 
 
Workshop IKM Dewan Guru MTsN 1 Kotawaringin Timur
Siswa-siswi Berprestasi di Ajang Porprov Kalteng 2023
Tim PBLHS MTsN 1 Kotawaringin Timur Sambut Kunjungan KKKS Sekolah Eka Tjipta PSM 6A Study Banding Program Sekolah Adiwiyata
Sampit-Humas. Rabu (27/9/23)  Sebagai madrasah yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata  Mandiri, MTsN 1 Kotawaringin Timur  menerima kunjungan Tim Studi Bading  dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Sekolah Eka Tjipta PSM 6A, yang terdiri dari 17 Kepala Sekolah pada Selasa (26/9/23) didampingi oleh Ibu Fatma dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur.   Penerimaan kunjungan dilakukan di halaman depan madrasah dengan ceremony penyambutan oleh tim hadrah, atraksi dari satgas adiwiyata  dan juga tampilan tarian tradisional dayak pedalaman dari siswi madrasah. Adapun tujuan dari kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka untuk belajar mengenal dan memahami Sekolah Adiwiyata di MTsN 1 Kotawaringin Timur. Acara penyambutan dipandu oleh Kristini selaku ketua tim Adiwiyata.
Penyerahan Bantuan Logistik MTsN 1 Kotawaringin Timur Pada Korban Kebakaran di Kecamatan Kota Besi
Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan di MTsN 1 Kotawaringin Timur, Siswa Kelas VII Dikenalkan Dengan Perpustakaan Digital
Agenda Pembinaan ASN di Lingkungan MTsN 1 Kotawaringin Timur
PMR MTsN 1 Kotawaringin Timur Raih Juara 1 Lomba Pertolongan Pertama
Gladi Bersih Pelaksanaan ANBK di MTsN 1 Kotawaringin Timur Senin, 11 September 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pengukuran Kebugaran Jasmani Bapak dan Ibu Guru MTsN 1 Kotawaringin Timur Pada Sabtu (15/10/23) Bersama Puskesmas Ketapang II
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Palangkaraya-Humas. MTsN 1 Kotawaringin Timur diwakili oleh Sarminah, S.Ag menerima Piala dan Piagam Penghargaan sebagai Madrasah Sehat. Moment penyerahan ini bertepatan dengan Apel HAB Kemenag RI ke – 78 di Institut Agama Hindu Negeri jalan G.Obos XI Palangkaraya, Rabu (3/1/24).

   “Ini bukan akhir dari perjuangan kita sebagai madrasah sehat, namun awal untuk membenahi berbagai komponen pendukung. Banyak hal yang harus kita tambah dan perbaiki, terutama pembenahan pada kantin, UKS, toilet madrasah dan aspek lingkungan lainnya.” ungkap Sarminah, S.Ag selaku ketua tim Madrasah Sehat.  Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas ini juga mengucapakan terimakasih kepada  semua pihak yang telah  mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan lingkungan yang nyaman, indah, asri, dan sehat.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

ampit-Humas. MTsN 1 Kotawaringin Timur melaksanaan tes untuk mengetahui arah bakat dan minat siswa dibidang pendidikan dan pekerjaan. Tes ini laksanakan untuk siswa kelas IX. Adapun pelaksanaannya selama 5 hari dimulai Senin, 19/2/24. Setiap harinya ada 60 siswa kelas IX yang mengikuti asesmen di ruang laboratorium komputer madrasah hingga Kamis, 23/2/24 mendatang.

    Kepala madrasah M. Rusidi, S.Ag., M.Pd.I membuka sekaligus memberikan sambutan di kegiatan ini. ” Asesmen ini kembangkan untuk mengukur potensi kalian semua. Untuk mengetahui kecerdasan verbal, numerik, mengukur pengetahuan secara umum, logika, konsep mekanika, serta kecepatan dan ingatan kalian. Penting bagi siswa dan siswa semua mengikuti tes ini, sebagai gambran mengenai minat dan bakat kalian dimasa depan. Menjadi acuan penentu jurusan yang akan kalian ambil setelah lulus dari madrasah”. Pesannya. ” Harapannya agar kalian sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan, karena hasilnya  bisa menggambarkan bidang keahlian yang tepat untuk kalian sehingga memunculkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran”.

Pemilihan Ketua OSIM di MTsN 1 Kotawaringin Timur Kamis (22/2/24)
Bapak dan Ibu Guru Madrasah
Temukan Informasi dan Berita Menarik di Website Resmi MTsN 1 Kotawaringin Timur ابحث عن معلومات وأخبار مثيرة للاهتمام على الموقع الرسمي لـ MTsN 1 Kotawaringin Timur. Kepala Madrasah M.Rusidi, S.Ag.,M.Pd.I _ Waka Humas Sarminah, S.Ag_Waka Kurikulum Hj. Nurhasanah, S.Pd_Waka Kesiswaan Imam Rohani, S.Ag,.M.Pd.I_ Waka Sarana Prasarana Ismed Noor, S.Pd

Akar Kayu Laban Sebagai Pengobatan Alternatif Diabetes Suku Dayak Kalimantan Tengah

Sampit (ANTARA) – Setelah akar tunggal bajakah yang sempat menghebohkan karena khasiatnya mampu mengobati kanker dan tumor, kini satu lagi obat tradisional masyarakat suku Dayak Kalimantan Tengah yang mencuri perhatian, yaitu akar kayu laban (vitex pinnata L).

Akar kayu laban atau halaban yang selama ini digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit diabetes, berhasil membawa tiga siswi MTsN 1 Kotawaringin Timur menjadi juara nasional dan berhak mewakili Indonesia pada lomba sains internasional di Istanbul Turki.

“Kami optimistis siswi kami ini nanti juga akan mampu berprestasi di tingkat internasional. Untuk itu kami memohon dukungan semua pihak, khususnya terkait dana karena ini pembiayaannya secara mandiri,” kata Kepala MTsN 1 Kotawaringin Timur Djumali di Sampit, Sabtu.

Tiga siswi yang berprestasi itu adalah Hanuf Nurwiyanti, Nidauljannah dan Selvizah Lailatul Jannah yang merupakan siswi kelas VIII. Untuk mempersiapkan materi lomba, mereka dibantu tiga guru pendamping yaitu Tri lisdiyaningsih, Hatmiati dan Rini Haria Susanti.

Mereka mengikuti lomba National Science and Engineering Competition (NSEC) 2020 yang dilaksanakan di Jakarta oleh Indonesia Scientific Society (ISS) pada Desember 2019. Lomba ini diikuti puluhan tim dari kalangan pelajar SMP sederajat, SMA sederajat dan mahasiswa di Indonesia.

Hanuf dan kawan-kawan mengikuti lomba bidang sains yaitu penelitian ilmu hayati. Ketiga siswi ini mengangkat tema pemanfaatan akar kayu laban (vitex pinnata L) sebagai pengobatan alternatif diabetes suku Dayak Kalimantan Tengah.

Inisiatif ini muncul sebagai bentuk keprihatinan mereka terhadap tingginya penderita diabetes di dunia, termasuk Indonesia, bahkan di Kalimantan Tengah sendiri. Penyakit diabetes disebutkan merupakan penyakit ketiga penyebab kematian tertinggi setelah stroke dan jantung.

Mereka kemudian berpikir untuk meneliti pengobatan alternatif memanfaatkan kayu laban atau kayu halaban yang sejak dulu sering digunakan masyarakat suku Dayak untuk berbagai jenis penyakit.

Hasil penelitian, kayu laban terbukti memiliki kandungan saponin, tanin, alkaloid dan steroid. Zat-zat yang terkandung dalam akar kayu yang batangnya sering dimanfaatkan untuk membuat bangunan dan arang bakar ini diyakini mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Pemanfaatan akar laban dilakukan dengan cara memarut akar menjadi serbuk, kemudian direbus selama 15 menit. Air rebusannya didinginkan, lalu diminum pada pagi dan malam sebelum tidur. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, disarankan sementara itu tidak mengonsumsi obat-obatan atau ramuan lain.

Selain membuktikan melalui uji laboratorium, obat alternatif ini juga sudah diujikan kepada dua partisipan yang merupakan penderita penyakit diabetes. Mereka meminum air rebusan akar halaban selama satu hari yakni dua kali minum.

Hasilnya, kadar gula dalam darah kedua partisipan itu turun cukup signifikan. Namun penurunan kadar gula dalam darah salah satu partisipan yang juga mengonsumsi obat lain di saat bersamaan, tidak sebesar partisipan yang hanya meminum air rebusan akar kayu halaban.

Hasil pemeriksaan laboratorium kadar gula dalam darah kedua partisipan yaitu turun dari 225 menjadi 202 mg/dl dan 221 menjadi 151 mg/dl. Artinya ada penurunan kadar gula dalam darah sebesar 23 mg/dl dan 70 mg/dl dari kedua partisipan setelah meminum air rebusan akar laban atau halaban.

Atas hasil yang meyakinkan itu, tim MTsN 1 Kotawaringin Timur yang terdiri dari Hanuf Nurwiyanti, Nidauljannah dan Selvizah Lailatul Jannah dinobatkan menjadi juara I dalam lomba bergengsi tersebut yang hasilnya baru diumumkan. Sedangkan juara II dan III diraih dari dua SMA di daerah lain.

Hasil itu membuat ketiga siswi MTsN 1 Kotawaringin Timur ini berhak mewakili Indonesia pada ajang serupa tingkat internasional di Istanbul Turki yang rencananya digelar Oktober 2020. Mereka akan bertolak bersama lima tim lainnya yang mewakili Indonesia pada kategori masing-masing.

“Kami berharap ini bermanfaat bagi masyarakat luas untuk membantu di bidang kesehatan. Untuk menghadapi lomba di Turki, kami terus memantapkan persiapan, termasuk latihan paparan. Saat lomba di Jakarta kemarin kami hanya mengirim materi hasil penelitian, tidak ada paparan,” kata Hanuf Nurwiyanti.

Sementara itu guru pembimbing Tri Lisdiyaningsih mengatakan, pihaknya terus membantu ketiga siswi untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba tingkat internasional. Selain persiapan secara teknis dan mental, dia mengakui pihak sekolah juga berupaya mencari dana untuk memberangkatkan tim karena harus dibiayai secara mandiri.

“Kami berharap dukungan dana dari pemerintah provinsi atau gubernur dan dari daerah sendiri yaitu bupati dan DPRD serta pihak-pihak terkait karena ini kan membawa nama baik Indonesia dan daerah kita juga,” kata Tri Lisdiyaningsih.

Dia menggambarkan, biaya yang dibutuhkan untuk menuju Istanbul Turki sekitar Rp26,5 juta per orang. Biaya itu belum termasuk keberangkatan ke Jakarta dan persiapan lain yang harus dilakukan sebelum keberangkatan.

Selain dibimbing guru di sekolah, ketiga siswi juga akan dibimbing oleh tim di tingkat nasional untuk mengembangkan dan mempersiapkan mereka agar mampu menampilkan yang terbaik saat lomba tingkat internasional nanti.

Sementara itu berdasarkan data, tahun 2017 lalu ada dua siswi Kotawaringin Timur yang juga mengharumkan nama Indonesia yakni siswi SMAN 1 Sampit yakni Sabrina Salwa Sabila dan Gusti Salsabila. Saat itu mereka meraih penghargaan khusus Life Sciences pada ajang International Conference of Young Scientists (ICYS) di Stuttgart Jerman.

Kedua siswi itu meraih prestasi melalui penelitian obat tradisional Dayak yakni manfaat kulit kayu halaban untuk mengobati radang amandel. Prestasi demi prestasi yang diraih ini sekaligus menunjukkan bahwa daerah ini memiliki kandungan sumber daya alam yang sangat luar biasa, salah satunya di bidang kesehatan.

#Penmad
#BimasIslam
#Madrasah
#Pendis

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

 

 

 

Jam

Pengunjung