Kontak

(0531) 21833

Waka Humas MTsN 1 Kotawaringin Timur

(layanan di jam kerja)

 

 

 

 

Kalender

Calendar Widget by CalendarLabs

MTsN 1 Kotawaringin Timur
Temukan Informasi dan Berita Menarik Seputar Madrasah di Website Resmi MTsN 1 Kotawaringin Timur ابحث عن معلومات وأخبار مثيرة للاهتمام على الموقع الرسمي لـ MTsN 1 Kotawaringin Timur. Kepala Madrasah M.Rusidi, S.Ag.,M.Pd.I _ Waka Humas Sarminah, S.Ag_Waka Kurikulum Hj. Nurhasanah, S.Pd_Waka Kesiswaan Imam Rohani, S.Ag,.M.Pd.I_ Waka Sarana Prasarana Ismed Noor, S.Pd

Madrasah Dalam Galeri
Raihan Penghargaan Sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri di Terima Oleh Ketua Adiwiyata Ibu Kristini, S.Pd di Jakarta kamis (1/12/22)
Kunjungan Kepala Kantor Kemenag Kotim Drs. Chairil Anwar sekaligus membuka Kegiatan PAT semester Ganjil TP 2022/2023

Tingkatkan Literasi melalui Lomba Pojok Baca Antar Kelas, MTsN 1 Kotawaringin Timur Undang Dinas Pusda Sebagai Juri

Salah satu penampilan Grup Qasidah MTsN 1 Kotawaringin Timur mengisi acara Maulid Nabi Muhammad 1444 H
Raihan Juara di MTQ Ke-52 Tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang 
Syarhil Qur'an Putra Juara 2
Rebana Juara 2
Hadrah Juara 2
Grup Hadrah MTsN 1 Kotawaringin Timur
Grup Rebana MTsN 1 Kotawaringin Timur bersama Pelatih Ibu Erliana, S.Pd
Raihan Prestasi Siswa-siswi madrasah di MTQ ke 54 Tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang
1. Bintang vokalis gambus anak putra juara 2 Muhammad Faeza  Alfarezy
2. Bintang  Vokalis gambus anak putri juara 1 Annida Nur Azizah
    juara 2 Maulida naim
3. Bintang  Vokalis gambus remaja putri
     juara 2 Nuraini Azizah
     Juara harapan 1 Alisya febriani

4. Hadrah juara 2
5.  rebana juara 2
6. Sahril Quran putri juara 2
7. fahmil Quran putra juara harapan 1
8. Tahfidz 5 juz juara 1 Muhammad Zainal Ilmi
9. tilawah anak putri juara 3 Nur Putri Rahayu
Sampit-Humas. Senin (6/3/23)Wujud Perhatian dan Partisipasi MTsN 1 Kotawaringin Timur kepada korban musibah kebakaran yang menimpa 5 rumah di Kelurahan Baamang hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim). Senin 27/2/2023. Penyerahan dana bantuan yang di wakili oleh Waka Kesiswaan M. Arbani, S.Pd kepada bapak Baharudin ketua RW yang juga menjadi korban musibah kebakaran bersama pembina dan anggota OSIM.
MTsN 1 Kotawaringin Timur Siap Sukseskan Kemah Besar Pramuka ( KBP ) 2023
Kamis (9/3/23)  Tim dari madrasah berangkat menuju Bumi Perkemahan di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit untuk mengikuti KBP
Gerakan Pramuka 47-48 Ibnu Rusyd Pangkalan MTsN 1 Kotawaringin Timur mengucapkan terimkasih atas do'a dan dukungannya sehingga bisa memperoleh prestasi (Alhamdulilah) yaitu:
Juara 1 Tenda Pa&Pi (K3)
Juara 1 Istana Pasir
Juara 2 Senam Pramuka
Terutama pihak madrasah yang selalu sport dalam hal yang diperlukan dan disiapkan.
Salam Pramuka⚜️
 
 
 
 
Penyerahan Piala KBP 2023 dan Gema Ramadhan 2023 Kepada Kepala MTsN 1 Kotawaringin Timur
Jum'at 28 April 2023
 
 
 
 
 
Osim MTsN 1 Kotawaringin Timur Peringati Harbuknas 17 Mei 2023
 
 
 
 
 
Workshop IKM Dewan Guru MTsN 1 Kotawaringin Timur
Siswa-siswi Berprestasi di Ajang Porprov Kalteng 2023
Tim PBLHS MTsN 1 Kotawaringin Timur Sambut Kunjungan KKKS Sekolah Eka Tjipta PSM 6A Study Banding Program Sekolah Adiwiyata
Sampit-Humas. Rabu (27/9/23)  Sebagai madrasah yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata  Mandiri, MTsN 1 Kotawaringin Timur  menerima kunjungan Tim Studi Bading  dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Sekolah Eka Tjipta PSM 6A, yang terdiri dari 17 Kepala Sekolah pada Selasa (26/9/23) didampingi oleh Ibu Fatma dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur.   Penerimaan kunjungan dilakukan di halaman depan madrasah dengan ceremony penyambutan oleh tim hadrah, atraksi dari satgas adiwiyata  dan juga tampilan tarian tradisional dayak pedalaman dari siswi madrasah. Adapun tujuan dari kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka untuk belajar mengenal dan memahami Sekolah Adiwiyata di MTsN 1 Kotawaringin Timur. Acara penyambutan dipandu oleh Kristini selaku ketua tim Adiwiyata.
Penyerahan Bantuan Logistik MTsN 1 Kotawaringin Timur Pada Korban Kebakaran di Kecamatan Kota Besi
Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan di MTsN 1 Kotawaringin Timur, Siswa Kelas VII Dikenalkan Dengan Perpustakaan Digital
Agenda Pembinaan ASN di Lingkungan MTsN 1 Kotawaringin Timur
PMR MTsN 1 Kotawaringin Timur Raih Juara 1 Lomba Pertolongan Pertama
Gladi Bersih Pelaksanaan ANBK di MTsN 1 Kotawaringin Timur Senin, 11 September 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
MTsN 1 Kotawaringin Timur Laksanakan AKMI 2023
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pengukuran Kebugaran Jasmani Bapak dan Ibu Guru MTsN 1 Kotawaringin Timur Pada Sabtu (15/10/23) Bersama Puskesmas Ketapang II
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Palangkaraya-Humas. MTsN 1 Kotawaringin Timur diwakili oleh Sarminah, S.Ag menerima Piala dan Piagam Penghargaan sebagai Madrasah Sehat. Moment penyerahan ini bertepatan dengan Apel HAB Kemenag RI ke – 78 di Institut Agama Hindu Negeri jalan G.Obos XI Palangkaraya, Rabu (3/1/24).

   “Ini bukan akhir dari perjuangan kita sebagai madrasah sehat, namun awal untuk membenahi berbagai komponen pendukung. Banyak hal yang harus kita tambah dan perbaiki, terutama pembenahan pada kantin, UKS, toilet madrasah dan aspek lingkungan lainnya.” ungkap Sarminah, S.Ag selaku ketua tim Madrasah Sehat.  Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas ini juga mengucapakan terimakasih kepada  semua pihak yang telah  mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan lingkungan yang nyaman, indah, asri, dan sehat.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

ampit-Humas. MTsN 1 Kotawaringin Timur melaksanaan tes untuk mengetahui arah bakat dan minat siswa dibidang pendidikan dan pekerjaan. Tes ini laksanakan untuk siswa kelas IX. Adapun pelaksanaannya selama 5 hari dimulai Senin, 19/2/24. Setiap harinya ada 60 siswa kelas IX yang mengikuti asesmen di ruang laboratorium komputer madrasah hingga Kamis, 23/2/24 mendatang.

    Kepala madrasah M. Rusidi, S.Ag., M.Pd.I membuka sekaligus memberikan sambutan di kegiatan ini. ” Asesmen ini kembangkan untuk mengukur potensi kalian semua. Untuk mengetahui kecerdasan verbal, numerik, mengukur pengetahuan secara umum, logika, konsep mekanika, serta kecepatan dan ingatan kalian. Penting bagi siswa dan siswa semua mengikuti tes ini, sebagai gambran mengenai minat dan bakat kalian dimasa depan. Menjadi acuan penentu jurusan yang akan kalian ambil setelah lulus dari madrasah”. Pesannya. ” Harapannya agar kalian sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan, karena hasilnya  bisa menggambarkan bidang keahlian yang tepat untuk kalian sehingga memunculkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran”.

Pemilihan Ketua OSIM di MTsN 1 Kotawaringin Timur Kamis (22/2/24)
Bapak dan Ibu Guru Madrasah
Temukan Informasi dan Berita Menarik di Website Resmi MTsN 1 Kotawaringin Timur ابحث عن معلومات وأخبار مثيرة للاهتمام على الموقع الرسمي لـ MTsN 1 Kotawaringin Timur. Kepala Madrasah M.Rusidi, S.Ag.,M.Pd.I _ Waka Humas Sarminah, S.Ag_Waka Kurikulum Hj. Nurhasanah, S.Pd_Waka Kesiswaan Imam Rohani, S.Ag,.M.Pd.I_ Waka Sarana Prasarana Ismed Noor, S.Pd

     Sampit (Humas)– Sebanyak 140 peserta terdiri dari Kepala Madrasah dan  perwakilan para dewan guru MA/MTs Negeri dan Swasta,  se-Kabupaten Kotawaringin Timur yang menjadi Piloting dari Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (IKM), mengikuti Kegiatan workshop Program Implementasi kurikulum Merdeka Belajar 2022 di Aula Kemenag Kotim, Minggu (2/10/2022). Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga selesai pada pukul 15 – 45 WIB. “Kegiatan kita bagi menjadi 3 sesi. Pembukaan oleh Kasi Penmad Bapak  Drs. H. Zainuddin yang mewakili Kepala Kantor Kemenag yang kebetulan berhalangan untuk hadir. Acara inti pada sesi pertama hingga sesi terakhir di isi oleh pemateri dari  CSR Solidaritas Erlangga (SOGA).” Ujar Kristini, S.Pd selaku Ketua Panitia Pelaksana pada Tim Humas MTsN 1 Kotawaringn Timur. ” Melalui workshop ini, kita mengajak semua bapak/ibu guru untuk mengenal Kurikulum Merdeka dan menyusun strategi pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan situasi sekolah masing-masing”, ungkapnya.

    Workshop yang dilaksanakan selama satu hari ini dimaksudkan untuk mempersiapkan guru dalam menghadapi tahun pelajaran baru serta persiapan dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di tahun selanjutnya. Meskipun madrasah di Kabupaten Kotim belum menerapkan Kurikulum Merdeka secara penuh, namun dengan adanya workshop ini, diharapkan bapak/ibu guru bisa sedikit demi sedikit menyesuaikan dengan menyisipkan poin-poin penting tentang Kurikulum Merdeka ke dalam administrasi pembelajaran yang dibuat untuk digunakan di tahun pelajaran berikutnya.

        Kasi Penmad Drs. H. Zainuddin yang mewakili Kepala Kemenag Kotim mengemukakan bahwa banyak madrasah mulai dari PAUD, MI, MTS,dan MA di Kabupaten Kotawaringin Timur  yang mengajukan lembaganya untuk dijadikan pilot projec IKM tahun ini, namun kuota dari Dirjen Kemenag masih terbatas. Antusias dan animo madrasah begitu tinggi dalam menyambut Kurikulum Merdeka Belajar,” terangnya. Ia menjelaskan bahwa sebuah kurikulum adalah nyawa untuk madrasah, dimana kurikulum tersebut harus bisa mewujudkan visi madrasah yang disesuaikan dengan perkembangan jaman. Melanjutkan hal itu, Bapak Zainuddin,  menambahkan bahwa melalui kurikulum merdeka ini, diharapkan siswa mempunyai keterampilan lebih dalam kemandirian, serta mempunyai bekal untuk bekerja. Kurikulum merdeka juga harus bisa menangkap peluang di masa depan dan menyiapkan siswa yang kompeten serta siap untuk menyambut masa depan.

      Acara dilanjutkan dengan Kegiatan inti  Implementasi Kurikulum Merdeka oleh pemateri yang memberikan semangat serta dukungan untuk bapak/ibu guru dalam menyusun sebuah kurikulum yang bisa memberikan hasil terbaik bagi lulusan madrasah nantinya. Hadir sebagai narasumber tunggal adalah Ibu Asmaul Husna, S. Pd. M. Si  (Instruktur Nasional Program Sekolah Penggerak) dari Jakarta.

     Kegiatan orkshop Implementasi Kurikulum Merdeka  ini membahas mengenai pengenalan dan kebijakan Kurikulum Merdeka, penggunaan platform merdeka mengajar, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan assesmen, serta  projek penguatan profil Pelajar Pancasila.

     Asmaul Husna dalam paparannya mengatakan, kurikulum merdeka belajar dalam pelaksanaan pembelajarannya sederhana, simple dan mudah dilaksanakan. Jadi para guru tidak perlu risau, dan galau dalam menerapkannya. Pengimplementasian kurikulum ini dalam pelaksaannya dibagi 2, yaitu: dilaksanakan secara Semi dan Full. Semi artinya hanya menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan dan penerapan sistem secara full, yaitu menerapkan Kurikulum Merdeka dengan pengembangan berbagai perangkat ajar oleh satuan pendidikan. Dirinya berharap, output peserta didik dari madrasah tidak hanya unggul di bidang akademik, tapi unggul juga di bidang life skill, berakhlak luhur dan bermental moderat pancasilais dan rohmatallilalamiin. (Foto Adi/Tere) R.h.s

 

Jam

Pengunjung